cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
lensapendas@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lensapendas@upmk.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Guru Sekolah Dasar - STKIP Muhammadiyah Kuningan Jalan Murtasiah Sopomo No 28b, 45511 Kuningan - Jawa Barat
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : https://doi.org/10.33222/jlp
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): September" : 6 Documents clear
ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 Asri Hartati Laila Sari; Agus Saeful Anwar
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1649

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari sebuah aktivitas pembelajaran, salah satunya yaitu ada aktivitas pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika di sekolah tentunya sangat penting, karena pada dasarnya matematika selalu berdampingan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Longkewang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengikuti model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan di kelas V SD Negeri Longkewang bahwa ketika pembelajaran dilaksanakan melalui sistem daring hasil belajarnya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh mata pelajaran matematika yang tidak dapat dipelajari secara otodidak oleh siswa begitu saja, karena pembelajaran matematika ini membutuhkan bimbingan, latihan dan evaluasi dalam proses pembelajarannya.
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS IV SDN CIGUGUR DALAM PERSPEKTIF MUTIF CHATIB Agus Saeful Anwar; Sri Haryati
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1651

Abstract

Karakter merupakan cara seseorang dalam berpikir dan berperilaku yang merupakan ciri khas tertentu. Karakter akan terbentuk karena adanya sebuah pembiasaan yang ditanamkan. Pendidikan karakter religius adalah landasan awal untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral ataupun akhlak mulia. Menjadi gurunya manusia harus lebih mementingkan proses belajar siswa daripada hasil akhirnya dan memahami kompetensi siswa, apapun kondisi yang dialami siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter religius dalam Perspektif Munif Chatib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cigugur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengikuti model Miles dan Huberman.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR Azi Rini Rizkillah; Irfan Fajrul Falah
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1652

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi terbimbing di Kelas V SD Negeri Kertaungaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi terbimbing pada KD Bahasa Indonesia Tema 8 Sub Tema 1 materi mengidentifikasi dan menuliskan peristiwa-peristiwa pada teks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Kertaungaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus diperoleh nilai aktivitas 47% kategori (Kurang). Pada siklus I mengalami peningkatan, yaitu 60% berkategori (Cukup). Ativitas siswa pada Siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 87% atau berkatergori (Sangat Baik). Pada pra siklus terdapat 9 siswa atau 25% yang nilainya mencapai KKM. Siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 26 siswa atau 72%. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 33 siswa atau 92%. Pencapaian 92% > 75% sesuai kriteria klasikal yang telah ditentukan, maka Penelitian Tindakan Kelas dinyatakan berhasil.
PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI SEKOLAH DASAR Yoga Mauludy Afarizi Lutfiansyah; Agatha Kristi Pramudika Sari
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1653

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan sistem pembelajaran daring dan luring yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini di SDN Sumurwiru. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalis proses pembelajaran daring dan luring yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri Sumurwiru. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring dan luring di SD Sumurwiru yaitu berjalan dengan baik berupa pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran daring yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Handphone dengan melalui Whatsapp Group. Sedangkan Pembelajaran luring dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dengan mengunjungi rumah siswa atau dilaksanakan di sekolah dengan menjaga protokol kesehatan. Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran daring dan luring yaitu, adanya alat seperti Handphone, kouta internet, dan kerja sama antar guru dan pihak wali murid yang terjalin komunkasi yang baik, serta dengan tetap menjaga protokol kesehatan guru dan siswa dapat sesekali melaksanakan pembelajaran luring baik di rumah siswa dan guru maupun di sekolah.
ANALISIS PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI Lusi Indriyani; Nana Sutarna; Yani Fitriyani
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1655

Abstract

Permasalahan ini muncul karena adanya pandemi, pembelajaran di SDN 1 Darma di Desa Darma, Kec. Darma, Kab. Kuningan dilakukan secara daring/online sehingga perubahan interaksi sosial siswa menjadi salah satu perhatian penting. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perubahan interaksi sosial siswa sekolah dasar dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan metode wawancara dan observasi yang terstruktur dan informal, dan teknik yang digunakan purposive sampling pada siswa kelas V SDN 1 Darma. Teknik analisis yang digunakan : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi. Menyimpulkan sebagai hasil dan pembahasan bahwa hasil dari penelitian ini, perubahan interaksi sosial siswa sekolah dasar berubah dalam waktu yang begitu cepat yang disebabkan adanya pembelajaran secara online.
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN KELAS V SD NEGERI 2 SEMBAWA Fatimah Sidiq; Dede Darkam
Jurnal Lensa Pendas Vol 6 No 2 (2021): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/jlp.v6i2.1704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter disiplin kelas V di SDN 2 Sembawa. Hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter disiplin, serta solusi dalam mengatasi hambatan pendidikan karakter disiplin SD Negeri 2 Sembawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 Guru, 1 Kepala sekolah SD Negeri 2 Sembawa, 3 Orang tua siswa dan 3 siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin SDN 2 Sembawa menekankan karakter disiplin sebagai sebagai karakter utama disekolah. Dalam visi misi SD Negeri 2 Sembawa juga tercantum karakter disiplin yang hendak dicapai sebagai pondasi awal bagi siswa agar hidupnya teratur dan lebih baik. Dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin, SD Negeri 2 Sembawa terdapat kegiatan rutin yang terus menerus dilaksanakan seperti kegiatan shalat dhuha dan shalat dzuhur berjama`ah, kedisiplinan dalam hal waktu, membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainnya. Selain itu terdapat kegiatan spontan yang diberikan contoh secara langsung oleh guru yang berperan sebagai model karakter. Pada perannya guru menggunakan peratuan, hukuman, konsistensi, dan penghargaan sebagai pedoman. Hambatan yang dialami pada proses pendidikan karakter disiplin yaitu membentuk karakter masing-masing anak, perilaku anak yang kurang disiplin. Adanya solusi dari hambatan tersebut yaitu guru harus bisa melakukan perannya sebagai motivator, fasilitator, dan komunikator.

Page 1 of 1 | Total Record : 6